Friday, April 19, 2013

Perpustakaan Digital


Perpustakaan Digital merupakan inovasi terbaru yang dilakukan oleh perpustakaan. Perpustakaan membuat perpustakaan digital ini selain mengikuti perkembangan jaman, juga bertujuan untuk memudahkan para pemustakanya untuk mencari buku yang di inginkan. Perpustakaan digital ini mempunyai koleksi buku yang sebagian besar  berbentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.

Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio,  video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.


Selain itu untuk memudahkan para pemustaka, perpustakaan membuat katalog online, dengan katalog online para pemustaka dengan mudah dan cepat mencari buku yang diinginkan dengan cara mengetik judul, pengarang, subjek, dll pada katalog online yang sudah tersedia di komputer perpustakaan.

Berikut ini contoh-contoh katalog online :






No comments:

Post a Comment